Viral! Kali Pertama Buruh Migran Indonesia Upacara Kemerdekaan Virtual

Viral! Kali Pertama Buruh Migran Indonesia Upacara Kemerdekaan Virtual

Pada tahun ini perayaan hari kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia terasa berbeda. Untuk pertama kali, upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia Buruh Migran Indonesia (BMI) yang biasanya digelar secara fisik di sejumlah Negara penempatan kini dilakukan secara virtual.


Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 dan mematuhi protocol kesehatan di Negara penempatan tetap menjaga jaga jarak atau sosial distancing.


Bertindak sebagai pembawa acara Eni Lestari dari International Migrant Alliance (IMA). Kemudian bertindak sebagai komandan upacara Sumber dari PILAR-Hong Kong. Sedangkan bertindak sebagai Pembina upacara Olivia Chadidjah Salampessy dari KOMNAS Perempuan.

Sementara peserta diikuti oleh BMI dari berbagai Negara penempatan Hong Kong, Taiwan, Macau, Malaysia, Thailand dan Arab Saudi serta diikuti mantan buruh migran di tanah air.


Pukul 21.00 WIB seluruh peserta sudah bergabung secara virtual dan tepat pukul 21.30 WIB acara dimulai. Sesi pengibaran bendera merah putih menggunakan tampilan video bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya. Pada moment tersebut, seluruh peserta upacara diharuskan hormat hingga lagu Indonesia Raya selesai.


Sambutan Pembina upacara “peringatan ini memiliki arti tersendiri karena dilaksanakan dalam suasana pendemi Covid-19 yang wabahnya melanda seluruh dunia. Dan mengajak BMI untuk terus berjuang merebut hak sebagai pekerja migran dan bekerjasama dengan Komnas Perempuan”.


Di akhir sambutan Olivia Chadidjah Salampessy “ negara harus hadir untuk terus melakukan perlindungan terhadap hak-hak pekerja migran Indonesia dengan melakukan penguatan diplomasi terhadap penghormatan hak asasi setiap warga negaranya”.


Sringatin selaku ketua panitia melaporkan “kegiatan upacara ini dilaksanakan pertama kali menggunakan virtual aplikasi zoom, sehingga mohon dimaklumi apabila ada kekurangan. Upacara dimulai malam hari pukul 21.30 WIB karena keterbatasan waktu BMI setelah melakukan aktifitas kerjanya”. Panitia pelaksana acara upacara kemerdekaan 17 Agustus 2020 ini adalah JBMI-Hong Kong dan Macau, IFN-Singapore, dan Ganas komunity-Taiwan serta Kabar Bumi-Indonesia. Ada sekitar 166 orang ikut virtual zoom upacara dengan menggunakan laptop dan Hp.


“kepada BMI untuk tetap menjaga kesehatan dan terus berjuang membebaskan buruh migran dari perbudakan modern” tutup Sring.


Salah seorang peserta Anik upacara mengatakan, sejak sore telah siap-siap untuk mengikuti upacara. Karena kemarin telah mendapatkan infromasi untuk ikut upacara melalui zoom.


“ password dan link zoom telah dibagikan sejak pagi hari. Baru perdana mengikuti upacara seperti ini. Agak berbeda sedikit, tapi saat diputar lagu Indonesia Raya kemudian hormat ada rasa haru. Acara itu patut diapresiasi,semoga BMI diberikan kesehatan“ katanya.


Upacara ini disiarkan secara live di Fan Page JBMI diikuti 5,3 ribu viewrs. Terakhir sebelum disiarkan berita ini sudah mencapai 8,8 ribu viewrs.###

CP :
Luar Negeri: Sringatin +85269920878
Indonesia: Iweng Karsiwen 081281045671.

Tinggalkan Balasan